20090107

WAR DRIVING

Khalayak umum dan orang awam tentunya belum banyak mengetahui istilah WarDriving, memang terdengar lucu apabila diterjemahkan sendiri-sendiri yang berarti mengendarai kendaraan perang. Istilah WarDriving diambil dari istilah WarDialing lewat film WarGames, istilah tersebut merupakan teknik yang digunakan untuk menemukan sebuah komputer yang terhubung dengan jaringan melalui modem dan jalur telepon.

WarDriving adalah kegiatan mencari akses dari jaringan komputer nirkabel (wireless network) dengan menggunakan perlengkapan komputer yang dilengkapi peralatan wireless seperti Laptop, PDA serta peralatan lainnya, termasuk software yang berhubungan dengan kegiatan tersebut.

Kegiatan WarDriving memiliki manfaat positif, yaitu mengetahui bahwa teknologi tersebut masih memiliki kekurangan dan permasalahan lainnya, sedangkan aspek negatifnya dapat membahayakan orang lain yang terkena imbasnya. Beberapa hal yang dapat diperoleh dari kegiatan WarDriving sebagai berikut:
1.Menemukan Access Point
2.Autentikasi yang digunakan Access Point
3.Mengetahui metode enkripsi yang digunakan
4.Client yang terhubung
5.Gateway
6.Data yang melalui jaringan baik username dan password

Semua informasi tersebut merupakan informasi yang sangat berharga sekaligus informasi yang sangat berbahaya jika di salah gunakan. Mengapa dilakukan WarDriving, sebab semua informasi tersebut diatas tidak akan dapat diperoleh dengan melihat bentuk fisiknya saja, namun diperlukan kemampuan khusus tentunya dengan bantuan software khusus seperti:
1.Kismet
2.Aircrack-ng
3.Macchanger
4.Wifitap

Jika anda menggunakan Distro Debian GNU/Linux anda dapat menginstalnya dari CD/DVD nya, kecuali aplikasi Wifitap sebaiknya download terlebih dahulu, sehingga experimen anda berjalan dengan baik dan lancar.

Disinilah kelemahan jaringan WiFi yang rentan dengan gangguan baik yang di sengaja atau yang tidak di sengaja, oleh karena itu hindari melakukan kegiatan transaksi bila menggunakan jasa Hostpot dan lengkapilah diri dengan kemampuan untuk menghadapi hal-hal yang tidak diinginkan.